motivation,

Memberikan Ruang Maaf Untuk Seseorang Itu Tak Sulit, Kok! Begini Lho, Caranya!

05.44 Wulan Kenanga 0 Comments




Halo Nona! Tak ada gading yang tak retak, begitulah kata pepatah. Maka, tak ada manusia yang tak lepas dari salah dan masalah. Pasti sering merasa kesal pada seseorang dan ia membuatmu sulit untuk memaafkannya, mau dia sudah minta maaf ataupun belum. Padahal, memaafkan kesalahan seseorang pun sama halnya dengan memperbaiki hati kita sendiri.

Tak ada salahnya buat kamu untuk memaafkan seseorang, meskipun dia belum minta maaf kepadamu. Hal ini, baik untuk dirimu sendiri. Berbesar hati untuk kebaikan diri sendiri. 

Nah, Nona, bagaimana sih cara memaafkan seseorang dan kenapa kamu harus melakukannya? Simak di bawah ini, yuk!


Lihat Kembali ke Dalam Hatimu, Pada Bagian Mana Kamu Merasa Tersakiti?


Nona, coba cari tahu kembali apa yang membuatmu begitu tersakiti, sehingga begitu sulit memaafkan? Cari kembali, pada bagian mana kamu tersakiti. Kalau sudah kamu temukan, pikirkan kembali apakah masalah ini begitu pelik, sampai kamu harus menyakiti diri sendiri?

Apa Dengan Memendam Sakit, Kamu Akan Lebih Baik dari Ini?


Sebenarnya, ketika kamu tidak bisa memaafkan seseorang, kamu sedang menutup diri.Membiarkan hatimu sendiri sakit dan terus tersakiti. Rasakan kembali, bukannya justru hatimu sangat sakit ketika tidak bisa memaafkan dia? Bagaimana kalau sebenarnya, kamu hanya butuh membuka diri dan memberikan sedikit ruang di hatimu, agar hatimu lebih lega?

Ingat Kembali Kebaikan yang Pernah Dilakukan Dia Untukmu, Apakah Ia Pantas Kamu Musuhi?


Bukankah Tuhan itu adil? Dengan sulit memaafkan, apakah kamu tidak merasa kalau kamu sedang tidak berlaku adil? Nona, ingat kembali kebaikan yang pernah dia lakukan untukmu. Bagaimana? Apakah kebaikan yang dia beri cukup untuk mengobati rasa sakitmu? 

Pelajari dan Cobalah Untuk Mengerti, Bagaimana Kalau Kamu Bertukar Posisi?


Cobalah untuk berada di posisi dia saat ini, dengan segala kehidupannya. Bisa jadi, kamu adalah orang yang lebih beruntung daripada dia, sehingga dia bisa melakukan kesalahan tersebut dan membuatmu sakit hati. Kalau kamu bertukar posisi, apakah kamu pantas untuk tak diacuhkan disalahkan begitu dalam?

Memaafkan Bukan Merendahkan Dirimu, Justru Kamu Sedang Membawa Dirimu ke Sesuatu Lebih Mulia Lagi


Kamu sama sekali tidak rendah, ketika bisa memaafkan seseorang. Justru kamu sedang berada pada derajat yang lebih tinggi. Terlebih lagi, apalagi kamu memaafkan tanpa ia meminta maaf terlebih dahulu. Orang yang bisa menerima dan memahami kesalahan orang lain, adalah orang yang memiliki cinta kasih yang murni.

Kenapa sih kamu harus memaafkan orang yang telah menyakitimu? Karena kamu tak pantas disakiti, maka jangan menerima rasa sakit itu. Luaskan hatimu untuk menerima dan memaafkan, tunjukkan bahwa kamu bukan orang yang lemah dan mudah disakiti, seberat apa pun itu. 

Kamu pasti bisa.

You Might Also Like

0 komentar: